Kamis, 16 Juli 2009

Penyebab Radang Vagina

Bila anda mengalami cairan yang keluar dari vagina jumlahnya berlebih, berwarna putih, kuning atau hijau, dan juga menimbulkan gatal,berbau busuk, disertai rasa nyeri pada vagina, bisa jadi anda terkena peradangan vagina. Dan salah satu penyebab peradangan termasuk keputihan.

Keputihan dibagi menjadi dua yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patologis. Keputihan fisiologis biasanya tidak gatal, tidak bau dan datangnya pada masa subur wanita. Biasanya juga datang menjelang seorang wanita dewasa terkena haid. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang sudah gatal, bau dan berubah warna. “Itu harus segera diobati,” Salah satu jenis keputihan patologis adalah keputihan yang disebabkan karena penyakit kanker mulut rahim, serta keputihan akibat stress, benda asing (spiral/IUD), letih,dll.

Adapun peradangan bisa terjadi di lubang awal vagina. Ini adalah bagian terluar dari kelamin perempuan. Peradangan pada bagian ini disebut bartholinitis. “Bartholinitis diambil dari kata bartholini, yaitu kelenjar yang terdapat pada bagian mulut lubang vagina. Kelenjar ini biasanya terdapat pada posisi sekitar jam 5 dan 7. Fungsinya sebagai pelumas saat melakukan hubungan seksual,”

infeksi yang bercokol dan menimbulkan luka, bisa menjalar kemana-mana. Infeksi atau peradangan bisa disebabkan oleh mikroba, diantaranya
  • bakteri (biasanya steptococcus),
  • jamur (biasanya candida albikan) dan
  • virus (biasanya herpes atau HPV), walaupun saat ini para ahli juga menemukan mikroba lain yang merupakan campuran bakteri dan jamur, yang bernama klamedia.
Radang Vagina juga bisa diderita oleh wanita yang telah mencapai usia menupause yang disebabkan oleh perubahan hormon setelah tidak mengalami menstruasi lagi yang disebut Vagititis atropik.

Adapun pencegahannya adalah dengan cara menjaga kebersihan bagian kelamin,dan jangan anda berganti-ganti pasangan. “Dari berganti-ganti pasangan itulah, maka sang suami menularkan kepada istrinya. tentunya dengan menjaga kebersihan pakaian dalam,

0 komentar:

Poskan Komentar