Kamis, 18 Juni 2009

WANITA DAN DIET

WANITA & DIET YOYO
Para wanita untuk mendapatkan tubuh yang ideal,berbagai cara dilakukan. Diet adalah salah satu alasan favorit seseorang untuk membentuk badan menjadi kurus. Diet boleh saja dilakukan,tetapi tidak perlu diet ketat dan berlebih. Bila berlebihan ujungnya dan bila tidak konsisten,berat badan bisa mendadak naik dan cepat pula mendadak turun. Kondisi itu biasa disebut diet yoyo. Bahayanya,sindrom yoyo mengakibatkan metabolisme tubuh terhambat. Para ahli mengatakan penurunan barat badan yang baik adalah secara bertahap,penurunan berat badan yang aman dan normal bekisar 2-5 kg perbulannya. Apabila berat badan yang melebihi dari 5 kg,disarankan untuk segera berhenti diet.
Terdapat beberapa strategi untuk menaikkan berat badan,yaitu dengan nutrisi seimbang,pemenuhan kebutuhan protein,dan latihan beban secara teratur. Sementara itu strategi untuk menurunkan berat badan disa dilakukan dengan diet rendah kalori yang terdiri atas gizi seimbang,asupan kalori adalah 800-1500 kkal/hari,terbukti dapat menurunkan berat badan sebanyak 10% selama enam bulan,penurunan berat badan atas 75% lemak,dan 25% otot,serta melakukan olahraga aerobik secara teratur. Diet rendah kalori berlebih boleh saja dilakukan asal dilakukan dibawah pengawasan diokter. Dengan menerapkan gaya hidup sehat dengan pola makan gizi seimbang,tentunya permasalahan kelebihan berat badan dapat semakin berkurang.

Fakta tentang berat badan
Berdasarkan Journal of American Dietic Association,seringnya berat badan seseorang naik dan turun,ternyata juga berpengaruh negatif pada sistem imunitas tubuh. Berdasarkan Journal Phsicology of Gatrointestinal Liver Physiology,berat badan yang tidak stabil juga dapat meningkatkan kandungan lemak pada hati. Hal-hal tersebut dapat menghadapkan seseorang kepada prevaliansi yang lebih tinggi terhadap penyakit-penyakit degeneratif. Berat badan yang naik turun secara fluktuaktif bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Hasil yang dilaporkan dalam pertemuan tahunan ahli-ahli saluran pencernaan di amerika serikat,menyebutkan bahwa wanita gemuk beresiko untuk menderita kanker usus besar hingga empat kali lipat dengan wanita yang mempunyai berat badan normal.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal (BBI)
1. BBI bayi (anak 0-12 bulan)
BBI = (umur(bln) / 2) + 4
2. BBI untuk anak (1-10 tahun)
BBI = (umur(thn) x 2) + 8
3. Remaja dan dewasa
BBI = (TB-100)-(TB-100) x 10 atau BBI = (TB-100) x 90%

[ket;]
TB = Tinggi Badan (cm)

0 komentar:

Poskan Komentar